7.24.2013

Papan Ketik


Kalau melihat perkembangan dunia tulis menulis saat ini, tentunya tidak akan terlepas dari peran susunan tombol papan ketik (keyboard), yang berawal dari mesin ketik manual, mesin ketik elektrik  yang  kemudian menjelma menjadi computer, bahkan ponsel saat ini juga sudah mengadopsi susunan tombol tersebut (disamping keahlian penggunanya).Hal ini tentunya tidak terlepas dari penemu mesin ketik itu sendiri (Christopher Latham Sholes (1868), yang menyusun tombol-tombol tersebut dan menjadi cirri khas nya. 
 QWERTY, kalau kita perhatikan pada bagian kiri atas papan ketik (Komputer, mesin ketik, ponsel) tersusun tombol Q.W.E.R.T.Y dengan jelas,  sehingga sampai saat kini dikenal dengan sebutan QWERTY keyboard.

Dan ini sudah di standarkan pada tahun 1973. Sebenarnya tidak semua menggunakan standard QWERTY, banyak juga
Negara-negara lain yang menggunakan model yang berbeda seperty ASK (American Simplified Keyboard), Qwertz, Azerty dan lain-lain. Namun saat ini yang umum kita kenal adalah QWERTY. Jadi kalau kita melihat iklan ponsel yang menyebutkan Ponsel QWERTY,  itu artinya susunan papan ketiknya seperti itu.






Note : dikutip dari beberapa sumber.

1 comment:

  1. it's very nice post,
    form http://bantalsilikon01.blogspot.com/

    can't you visit in here http://bantalsilikon01.blogspot.com/
    i will be tanks http://bantalsilikon01.blogspot.com/

    ReplyDelete

Hasil Smudge

Repro photo jadul yg sudah hampir rusak, Smudge! dengan PS6, akhirnya cuma baru bisa seperti ini : Salam!