8.13.2017

e-Commerce


Kalau kita melihat kutipan dari pernyataan Bill Gates Si Pemilik Microsoft tak berlebihan dan bukanlah omongan bercanda, bahwa cepat atau lambat bisnis konvensional akhirnya akan beralih ke dunia maya, dimana interaksi antar penjual dan pembeli akan berlangsung tanpa harus bertatap muka yang sekarang dikenal dengan transaksi online, apabila bisnis konvensional masih terus dipertahankan cepat atau lambat bisnis tersebut akan hilang.


e-Commerce atau perdagangan elektronik, adalah suatu proses pembelian, penjualan, pertukaran barang dan jasa antara dua belah pihak melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi.

E-commerce dapat berupa transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis dll.



saat ini  Kegiatan e-Commerce dapat dibedakan menjadi :

  1. Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis), Contoh : Indotrading.com, indonetwork.co.id dll 
  2. Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha dengan konsumen), Contoh : Bhinneka.com, zalora dll.
  3. Customer to Customer (perdagangan yang dilakukan antara customer dan customer melalui penyedia jual beli atau lebih dikenal dengan forum jual beli)., Contoh : Berniaga.com, FJB Kaskus dll


Kita bisa lihat perlahan-lahan bisnis yang awalnya hanya dilakukan secara konvensional seperti usaha agen perjalanan (Travel Agent), Swalayan, Toko elektronik dll   sekarang sudah mulai  beralih dengan menambah sistem pemasarannya yang lebih luas lagi dengan pasar online.


Tujuannya sudah jelas dengan menggunakan sistem e-commerce dalam dunia bisnis adalah   untuk memperoleh dan meningkatkan keuntungan dengan lebih efisien dan efektif.




Semoga bermanfaat!

 

No comments:

Post a Comment

Hasil Smudge

Repro photo jadul yg sudah hampir rusak, Smudge! dengan PS6, akhirnya cuma baru bisa seperti ini : Salam!