11.12.2008

Dilarang Merokok

Dilarang merokok! itulah gambar larangan yang sering kita lihat. tetapi apakah larangan ini membuat orang sadar untuk tidak merokok!

belum tentu, tingkat kesadaran itulah penyebabnya. ada pendapat sebahagian di masyarakat bahwa tingkat kesadaran sosial itu tergantung tingkat pendidikan. ada benar dan ada juga tidak. lihatlah di perkantoran jelas-jelas sudah ada tanda dilarang merokok, namun mereka yang sudah tidak tahan dengan asamnya mulut membuat mereka dengan santainya melepaskan hajat ditempat yang jelas-jelas dilarang untuk merokok. yang lebih mengenaskan adalah kejadian yang pernah kualami sewaktu mengisi bahan bakar di salah satu pom bensin beberapa waktu lalu.

Saat itu hari gelap menyelimuti pom bensin di salah satu kawasan jalan SM Raja Medan, lampu-lampu jalan sudah mulai menyala walapun sinarnya belum begitu berarti. setelah masuk ke kawasan pom bensin yang berada pas di pinggir jalan tersebut, lalu premium yang masih seharga Rp. 6000/ liter tersebut kupesan sesuai dengan kapasitas tangki yang masih kosong. setelah mesin kumatikan dan petugas mengisi bahan bakar, kulihat tepat didepan sebelah kiri seorang lelaki jongkok di pinggir batas areal pom bensin yang berjarak hanya sekitar 5 meter dengan santainya merokok tanpa ada yang melarang (anda bisa bayangkan, di areal pom bensin) padahal disamping pom bensin tersebut sangat ramai orang lalu lalang karena bersebelahan dengan shopping centre. aku tidak begitu mengetahui orang itu, yang pasti melihat dari pakaian dan penampilan bukanlah orang yang mempunyai gangguan jiwa (gila). aku tidak sanggup membayangkan seandainya orang tersebut membuang puntung rokoknya di 'asbak' yang begitu besar disitu, booom! kebakaran sudah pasti terjadi.
akhirnya karena rasa takut dan geram melihat tingkat orang tersebut (karena petugas saat itu sedang mengisi bahan bakar di mobilku) kupanggil petugas tersebut untuk menegur dan melarang orang tersebut untuk meninggalkan areal pom bensin tersebut. setelah orang tersebut pergi akupun lega.

inilah adalah salah satu potret masyarakat kita yang mungkin tanpa kita sadari ada disekitar kita yang luput dari perhatian atau bahkan tidak peduli dengan prilaku tersebut dan bahkan parahnya kita terkadang ikut melanggar kedisiplinan tersebut.
sepertinya untuk mewujudkan kesadaran sosial masyarakat kita perlu dengan PAKSAAN atau HUKUMAN!tapi ya sudahlah kadang yang menghukum juga melanggar, yang pasti kesadaran dari diri sendiri, itu yang utama!

5 comments:

  1. kalo gitu mari mampir di bloggersumut.net
    ada info menarik

    ReplyDelete
  2. Kecerobohan adalah sumber malapetaka.
    Manusia jarang jatuh karena batu besar, tapi manusia sering tergelincir karena kerikil kecil.

    ReplyDelete
  3. saya liat
    tapi orangnya mana ya???

    ReplyDelete
  4. Kesadaran memang harus timbul dari dalam diri sendiri, bagi yang melarang tunjukkan bahwa diri anda pantaskan untuk melarang???
    Saya tak pernah takut untuk melarang mereka yang merokok, siapapun dia, sebesar apapun tubuh orang yang merokok di bukan tempat peruntukan merokok tersebut.

    ReplyDelete
  5. @All : Thanks atas informasi & tanggapannya

    ReplyDelete

Followers

detiknews - detiknews

Ingat Waktu