3.19.2008

KiaT BerHenTi MEroKok

Iseng-iseng bongkar-bongkar folder lama, eh..rupanya aku pernah nulis tentang kiat berhenti merokok. he...he...he... padahal terapi ini gak tau manjur apa tidak. dari pada dibuang mending posting aja di Blog.




A. Semua perokok bisa berhenti merokok ! dan ini adalah fakta ! semua diawali dengan niat ingin berhenti! Banyak para perokok berat akhirnya berhenti total. (Walupun sebagian dari mereka karena ‘dipaksa’ dokter pilih berhenti atau mati! Kejam…).




Apabila ragu dalam mengambil keputusan maka anda akan selamanya tidak pernah berhenti merokok dan menjadi konsumen pabrik rokok setia selamanya, tentunya perlu mendapatkan penghargaan paling tidak batuk! Dan penghargaan terbesar adalah yg selalu mereka ‘iming-imingi’ “merokok dapat mengakibatkan serangan jantung dan impotensi, gangguan kehamilan dan janin!“ wow seramm..m…m (lumayan juga tuh semboyannya, siapa takuut!)

B. apabila jawaban anda serius, maka anda akan melalui tahap awal memulai dengan sedikit berat!

C. Kurangi Konsumsi

Banyak sekali faktor yg membuat orang banyak mengkonsumsi rokok, salah satunya pergaulan dan linkungan kerja , bahkan tingkat stres dapat pula biang penyebabnya ! ha..ha..ha….

Berhenti merokok bukan dimulai dengan hal-hal yg aneh, tetapi dengan hal-hal yg mudah untuk dilakukan, dan itu tentunya harus dibayar dengan berat hati karena sudah ‘tuman’ (kebiasaan-red).

Dilihat dari kebiasaannya top rangking perokok dapat dikategorikan dengan beberapa level :

1. Pemula/iseng

Kelompok/gerombolan ini adalah biasanya orang yg masih coba-coba atawa karena enggak enak dengan teman. Takut dibilang enggak gaul, anak mami bahkan yg sedang pustus cinta de es be(dan sebagainya-red). Biasanya kelompok ini masih dalam tahap ABG atau sejenisnya (eh jangan coba-coba ya kalo enggak mau ikut kompetisi dengan para uhuk-uhuk !) biasanya mereka-meraka enggak kecanduan tapi enggak sedikit dari mereka yg makin parah lho!.

2. Nyambil/ musiman

Kelompok ini sebenarnya adalah sempalan dari kelompok pertama dan bahkan mereka biasanya gabungan dari beberapa kelompok yg memiliki latar belakang yg berbeda.jangan heran kalau mereka keliatannya enggak pecandu tapi sebenarnya ya itu (hebat ya!, malu-malu tuh)! Kelompok ini biasanya hanya mengkonsumsi rokok pada tempat-tempat tertentu misalnya pada saat sedang sendiri dikamar tidur, ruangan-ruangan khusus seperti toilet dsb., Banyak faktor penyebab kelompok ini salah satunya adalah faktor pribadi (self problem) yg susah mendapat jalan keluar, atau juga seperti seniman enggak dapat ilham cari sana-sini enggak ketemu yah ujung-ujungnya rokok bro’ ! (kasihan sekali mereka ya, karena mereka kesepian tidak ada teman untuk berbagi hanya sebatang rokok yg dapat menghapus lara huk..huk..(sedih!))

3. Menengah

Wah kalo yg ini akibat keterusan sih, mau berhenti sayang, soalnya belajarnya susah sih! Pake’ sembunyi-sembunyi takut ketahuan ortu. (Padahal tingkat kecanduan belum begitu parah lho!) Jadi yah kalau jumpa teman, gaul ya ngerokok.

4. Berat

Kalau ini udah enggak ada komentar deh. Prinsipnya tiada hari tanpa rokok (susah ya!) kalau enggak merokok enggak konsen, enggak bisa mikir (memang hidup mikir terus! ‘Berhenti kau merokok lae’, merokok teruz matilah kau! (logat batak))

Baiklah saudara-saudara mari kita mulai pelajaran hari ini sebelum jalanan macet (si komo lewat)

Dimulai dengan membiasakan diri untuk mengurangi konsumsinya. Misalnya selama aktif dalam organisasi rokok-merokok bisa narik 3-4 bungkus perhari dikurangi untuk minggu pertama menjadi 3 1/2 bungkus misalnya, atau kalau bisa 1 bungkus (mati deh gue!) kenapa enggak !.

Minggu kedua kurangi lagi (walau dengan susah payah bo’) menjadi 2 bungkus perhari. Begitulah seterusnya sampai minggu ke-4 harus sudah bisa punya target 1 bungkus perhari (berhasil! Belum tentu, tergantung kemauan dan niat dan tidak mau ikut mendapat penghargaan dari pabrik rokok).

Apbila proses pengurangan dalam 4 minggu berhasil dengan sukses, maka langkah berikutnya tinggal sedikit lagi untuk tahap yg lebih berat lagi .1 bungkus perhari menjadi perbatang/ hari ! (wuih…)

Kalau anda sudah berhasil dengan misi 1 bungkus perhari, maka yakinkanlah diri bahwa anda telah melewati masa puber (pulang berobat-red) dengan baik begiculah seterusnya!

Ok, Next

Khusus untuk kelompok kedua (nyambi/iseng), anda adalah kelompok yg mungkin kurang sekali kepercayaan kepada orang lain dalam berbagi bermasalah atau sudah dicari solusinya masih juga bingung, stres sehingga harus juga berhubungan dengan rokok untuk merenung dalm mengambil keputusan yg pelik (sulit-red), itupun lebih baik ketimbang anda melakukan hal-hal yg negatif! Dan ini sebisa mungkin anda harus dihindari. karena kemungkinan apabila anda dalam melakukan pemecahan masalah sambil menghisap rokok dalam-dalam, bayangkan kalau saja anda lupa terlampau dalam menghisap sampai ketelan bagaimana! atau yg anda hisap api nya ! (hu..huh panas)

Untuk menggantikan cara ini dapat anda lakukan dengan cara mengepresikan masalah anda dengan bentuk tindakan ‘nyata’. Ambillah kertas kosong/polos (belum ada coretannya yg berwarna putih atau bisa juga yg berwarna jika mau) kemudian pensil atau pulpen yg berwarna kontras, sesuai dengan ‘tema’ kertas. Apbila kertas warna putih maka pupen warna gelap hitam, atau biru! (tau lah)

Sekarang saatnya anda beraksi sendirian dengan tuangkan uneg-uneg anda dengan kertas jadikan ia sahabat sejati yg dapat menerima segala masalah tanpa ada bantahan. coretin saja sesuka hati sampai puasss…rokok no way!


Menghilangkan kadar nikotin ditenggoran/Sekitar alat perasa (Ini serius lho !)

Apabila anda dapat mengurangi cara anda mengkonsumsi rokok, maka hal ini adalah hal yang sangat luaa…rr biasa ! namun tentunya kadar nikotin akan masih tersisa pada alat perasa (bukan perasaan) misalnya bangun pagi mulut akan terasa pahit, atawa karena udah agak berjam-jam enggak merokok mulut terasa asem dsb (kalianlah yg tau itu bah!).

Pengalaman dari mantan perokok berat mengatakan cara menghilangkan/melunturkan kadar nikotin pada sekitar mulut adalah dengan dengan meminum segelas kecil ‘Jeruk nipis’ yg sudah diperas dicampur dengan sedikit gula putih dan air hangat kemudian dikonsumsi setiap 2 hari sekali (tergantung kebutuhan) mudah-mudahan ini dapat ‘merontokan’ kadar nikotan pada sekitar alat perasa. Begitu seterusnya sampai rasa pahit/asem berkurang seiring kurangnya konsumsi anda terhadap rokok!

D. Apabila anda dapat melalui proses tersebut anda akan sukses! Andalah yg dapat bintan..ng..ng Tetapi jangan putus asa apabila dalam proses tersebut anda gagal. Karena ingatlah niat anda yg mulia ingin berhenti merokok dan tidak mau ikut dalam kontes pemenang si uhuk. Cobalah lagi ! sejelek-jeleknya terapi ini, minimal anda sudah berkurang dalam mengkonsumsi rokok!

Keuntungan-keuntungan bagi perokok berat

Dan ternyata Merokok juga ada manfaatnya lo!

1. Rumah enggak pernah/jarang kemalingan

Hal ini disebakan setiap malam pada saat orang-orang tidur lelap, si perokok berat batuk terus! Maling enggak berani karena menyangka yg punya rumah belum tidur !
2. Awet muda

Ini ada benarnya karena kebanyakan belum sampai tua udah tewas!
3. Macan/harimau enggak berani sama perokok berat
Anda enggak perlu khawatir apabila berjalan di tengah hutan rimba misalnya ke hutan amazon sekalipun, soalnya macan dan teman-temannya bilang ‘Hii api saja dimakan apalagi gue ya..! ‘ yuk ngacirrr…..




4 comments:

  1. info yang mas berikan sangat membantu sekali buat saya yang udah 12 tahun menjadi perokok aktif
    mohon info kan kiat-kiat lagi yang lebih efektif dan efisien thanks...
    http://www.politicsociety.com

    ReplyDelete
  2. semua perokok pasti pengen berhenti,tapi ga tau caranya gimana..Apa yang mas info kan sangat membantu para perokok aktif. ma kasih.
    http://iisdhian21.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. 1000 KIAT BERHENTI MEROKOK TIDAK AKAN BERHASIL BILA ANDA TIDAK MEMPUNYAI NIAT DAN MOTIVASI UNTUK BERHENTI MEROKOK.

    Baca selengkapnya di : http://savechildfromsmoke.wordpress.com/2009/04/17/faktor-yang-menjadi-motivator-anda-untuk-berhenti-merokok/

    Dad, I love you! Stop smoking! PROTECT CHILDRENS : ” DON’T MAKE THEM BREATHE FROM YOUR SMOKE”. OUR KIDS ARE THE FUTURE. PROTECT OUR KIDS. DON’T SMOKE AROUND KIDS. Please navigate and learn to http://savechildfromsmoke.wordpress.com/, join this group and invite your friends to support : SAVE OUR CHILDRENS FROM SMOKE http://www.facebook.com/groups.php#/group.php?gid=40343344651 : working together make a smoke-free homes and smoke-free zones for all children.

    Dr Widodo Judarwanto SpA, Jakarta Indonesia

    ReplyDelete
  4. Ada solusi berhenti merokok tanpa obat, dan relatif mudah dan tentunya 100% aman.
    Namanya Quit Smoking Card, .. berupa kartu yang ditempelkan pada bungkus rokok yg biasa dikonsumsi. Rokok2 tsb dalam 10 menit akan ternetralisir racun2 di dalamnya, dan juga zat yg bikin kecanduan.
    Jika perokok mulai mengkonsumsi rokok tsb, dalam 2-3 bulan, biasanya sudah tidak kecanduan lagi .. dan bisa langsung berhenti.
    Mudah kok .. hubungi aja abiyah.quitsmokingcard@gmail.com utk informasi lebih lanjut.
    Harga kartu "ajaib" ini Rp.100rb (belum termasuk ongkos kirim), dapat dipakai selama 3 tahun/100.000 batang rokok.

    ReplyDelete

Hasil Smudge

Repro photo jadul yg sudah hampir rusak, Smudge! dengan PS6, akhirnya cuma baru bisa seperti ini : Salam!